Header Ads

My Adventure

Day 8, SQL Server database



Malam gan, hari ini ane belajar SQL Server Database, Hari ini adalah hari yang paling santai belajar di bootcamp XSIS, karena pelajaran utamanya ngak logic gan. Sekarang kita belajar tentang perintah dasar DDL dari SQL.


Data Definition Language (DDL) adalah kumpulan perintah SQL yang digunakan untuk membuat (create), mengubah (alter) dan menghapus (drop) struktur dan definisi tipe data dari objek-objek database gan. Pelajaran hari ini cukup mudah gan. Tapi ngak tau klo besok kayak gimana, mudah-mudahan tetap santai juga gan. Dalam pelajaran hari ini alhamdulillah ane bisa semua.



Hari ini kita juga nyempetin untuk bahas pelajaran logic di akhir, karna pelajaran ini yang paling ane takutin dalam ujian nanti gan. Klo gak bisa jawab selesaila perjuangan ane di bootcamp XSIS. Ane jujur bener-bener sakit hati uda tau jalan mudah waktu ditunjukin sama Pak Purwanto. Sakit hatinya karena ane uda pusing-pusing cari logika programnya, susah banget rasanya, tapi waktu ane tunjukin sama Pak Pur dibilang ngapain bikin sulit kayak gini. Lalu ditunjukanlah jalan yang sebenernya, dan ternyata programnya gak sampe 10 baris. Ane uda bikin panjang-panjang, susah nentuin logikanya ternyata mudah banget, nyesel rasanya mikir susah-susah. Emang the best Pak Pur, pengalaman emang gak pernah bohong.
Pelajaran hari ini yang sangat berharga adalah pahami dulu apa yang harus dikerjakan dan buat se simpel mungkin, semudah mungkin.
XSIS WINNER

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.